Jumat, 04 Juli 2014

PENGMAS: KAMI (Kegiatan Antropologi Mengabdi)- di RA Munir Ismail Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kab Malang

Pada 11 Juni 2014 lalu, divisi Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Antropologi Brawijaya (HIMANTARA) menjalankan agenda kegiatan yang kedua dari program kerja KAMI (Kegiatan Antropologi Mengabdi) dengan tema “Cinta Lingkungan”, yang dilaksanakan di RA Munir Ismail di Gondanglegi. Acara tersebut berisikan serangkaian agenda yang dimaksudkan untuk membimbing dan memberi pengetahuan mengenai lingkungan kepada masyarakat, agenda-agenda yang dilaksanakan itu diantaranya adalah lomba menggambar, bersih-bersih sampah di halaman sekolah, sosialisasi dan dongeng mengenai kebersihan. Serangkaian agenda tersebut diperuntukan bagi adek-adek RA Munir Ismail, yang dibagi menjadi dua kelas berisikan 40-50 siswa, kelas A untuk kelas menggambar dan kelas B digunakan untuk kelas bercerita. Kelas A, yakni kelas menggambar diisi dengan kegiatan lomba menggambar pemandangan alam dan lingkungan sekitar.
Suasana di kelas menggambar
 Sedangkan di kelas B ada Kak Lina yang bercerita kepada adek-adek tentang bahaya bila tidak gosok gigi dan dampak sampah terhadap lingkungan. Selain itu Kak Lina juga menceritakan bahaya bila tidak mencuci tangan setelah melakukan kegiatan di luar rumah, ia juga tidak lupa mengajarkan adek-adek mencuci tangan yang baik dan benar. Kak lina sebagai pendongeng membawa dua teman berupa boneka tangan yang bisa diajak bicara, adek-adek begitu antusias menyambut dua teman yang dibawa Kak Lina, apalagi jika dua teman itu membawa beberapa hadiah untuk adek-adek di RA.
suasana kelas saat menyanyikan lagu cuci tangan
Selain itu diadakan juga lomba menghias toples plastik dengan kain planel dan lomba membuat takjil untuk ibu-ibunya. Diharapkan agenda yang satu ini dapat berguna bagi para ibu, mengingat sebentar lagi bulan Ramadan, dimana takjil menjadi santapan nikmat ketika berbuka puasa. Untuk toples sendiri nantinya dapat digunakan pada saat lebaran, dapat kita bayangkan nanti di hari lebaran toples-toples cantik itu menghiasi ruang tamu di rumah.
        
Puncak acara adalah ketika adek-adek ini membersihkan sampah di halaman sekolah, setelahnya adek-adek ini diajak untuk mencuci tangan sesuai dengan yang telah diajarkan di kelas sebelumnya. Setelah itu adek-adek dibariskan dan ibu-ibu berkumpul untuk pengumuman pemenang lomba-lomba yang diselenggarakan. Hadiahnya memang tak seberapa, dari kelompok ibu-ibu di ambil 2 kelompok pemenang dengan penilaian kerapian dan kekompakan medapatkan bingkisan sembako, sedangkan untuk anak-anak karena kelas menjadi dua, maka juara satu diambil dua anak dan juara dua juga diambil dua anak dengan hadiah berupa seperangakat alat sekolah. Di akhir acara kita berfoto dan berpamitan, sapaan hangat serta jabat tangan yang erat mengikuti berakhirnya acara ini. *Zainatul Irfaniyah ( Litbang)
adek-adek yang sedang berbaris setelah memunguti sampah dan sedang bersiap-siap untuk mencuci tangan
Adik-adik menunggu giliran untuk mencuci tangan

Hasil kreasi gambar adik-adik
Foto bersama adik-adik, ibu guru, panitia, dosen dan anak-anak antropologi

1 komentar: