Kamis, 02 Juni 2016

Kegiatan Antropologi Mengabdi

KAMI (Kegiatan Antropologi Mengabdi) Periode 2016

Foto Bersama Panita dan Anggota
KAMI (Kegiatan Antropologi Mengabdi) merupakan salah satu program kerja HIMANTARA (Himpunan Mahasiswa Antropologi Universitas Brawijaya) periode 2016 yang diselenggarakan oleh Divisi Pengabdian Masyarakat. Seperti namanya, program KAMI dilakukan sebagai sarana pembelajaran mahasiswa(i) Antropologi untuk berkecimpung langsung di dalam masyarakat dengan cara mengabdi dan memberikan pengetahuan dari apa yang didapat selama di perkuliahan. 
KAMI periode 2016 mengusung tema Lingkungan dengan judul “Generasi Cerdas Cinta Lingkungan”. Berdasarkan judul tersebut, KAMI periode 2016 menentukan siswa(i) sekolah dasar sebagai sasaran dalam menyukseskan acara ini. Secara garis besar, kegiatan kali ini diadakan dengan tujuan: (1) Memberikan edukasi seputar dampak kerusakan lingkungan dan cara cerdas mencintai lingkungan; (2) Menumbuhkan kecintaan serta memberikan pengalaman berharga untuk selalu ingat dan peduli terhadap lingkungan.
Kegiatan Menanam Tanaman
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 30 Mei 2016 yang bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyi’in, Purwosari, Singosari. Jalannya acara dipimpin oleh seorang MC yang merupakan salah satu mahasiswa Antropologi angkatan 2015 bernama Ahmad Hidayatullah. Acara dimulai pukul 07:30 WIB, setelah sebelumnya diadakan do’a bersama oleh seluruh panitia. 
Sambutan dari Bapak KH Shu'udi Al-Faruq. S.Pd.I
Acara diawali dengan penyampaian sambutan singkat dari bapak KH Shu’udi Al Faruq, S.Pd.I selaku pimpinan pondok Roudlotun Nasyi’in. Rangakian acara ini terlaksanakan dengan sukses oleh panitia berkat adanya antusias yang sangat besar dari 30 siswa(i) pondok, yang terbagi ke dalam 5 kelompok kecil, yakni: Kelompok Bunga Matahari, Bunga Tulip, Bunga Mawar, Bunga Melati, dan Bunga Lily. Pemberian tayangan interaktif disertai materi mengenai pentingnya menjaga lingkungan menjadi sorotan khusus dalam kegiatan ini. Setelah itu diikuti dengan adanya aktivitas di luar dan dalam ruangan, yang berupa praktek menanam tanaman yang baik dan benar, lomba mengumpulkan sampah dan permainan interaktif tebak kata yang dipandu oleh advisor dari masing-masing kelompok.
Permainan Tebak Kata
Setelah permainan berakhir, diadakan pengumuman pemenang lomba. Lalu pemberian hadiah lomba diserahkan oleh Ketua Himpunan Antropologi, M. Sanim. Setelah pengumuman pemenang lomba, diadakan pemberian cinderamata berupa alat-alat kebersihan kepada bapak KH Shu’udi Al Faruq S.Pd.I selaku pimpinan pondok Roudlotun Nasyi’in diberikan oleh bapak Aji selaku dosen Antropologi. Setelah itu dilakukan foto bersama dan diakhiri dengan acara bersih-bersih dan pembagian souvenir kepada murid-murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar