Rabu, 10 Desember 2014


Berkerudung Sebagai Trend Baru Fashion
Di era globalisasi saat ini, kesadaran para remaja – remaja putri dengan kewajiban mereka menutup aurat mulai tinggi, di Indonesia remaja putri telah banyak yang menggunakan jilbab. Jilbab di agama islam merupakan penutup kepala yang wajib digunakan kepada para remaja putri muslimah untuk menjahui fitnah, godaan lelaki, dan pelecehan pada wanita. Penggunaan jilbab harus menutup seluruh anggota tubuh wanita, kecuali telapak tangan dan muka, yang berarti jilbab harus menutupi lekuk tubuh wanita, seperti dada dan paha tidak boleh terlihat, berpakaian islami harus menutup lekuk badan, hingga tidak nampak dari luar. Sehingga dapat dimengerti ketika seorang muslim berniat mengenakan jilbab maka mereka selain menutupi rambut dan kepala harus menggunakan jilbab yang besar atau jenis yang lain sehingga menutup dada, bukan kaos ketat yang masih membentuk bentuk tubuh, selanjutnya dalam ajaran islam syari dilarang menggunakan jeans dan legging karena celana tersebut masih membentuk lekuk tubuh khususnya bagian bawah, harusnya menggunakan rok namun yg tidak tipis dan menerawang sehingga bentuk tubuh tidak terlihat.
Wanita muslim dilarang memamerkan perhiasan – perhiasan mereka contohnya saja jika dikaitkan dengan hiasan berkerudung seperti memakai bros yang berlebih, mereka hanya boleh melakukan hal tersebut kepada suami jika sudah menikah bukan berniat untuk menarik perhatian kaum lelaki. Seiring dengan perkembangan jaman yang ada berbagai fashion baru untuk berkerudung mulai bermunculan, dengan menggunakan berbagai motif hijab, selain menutup aurat juga masih bisa tampil modis dan cantik. Dibalik dengan mulai banyaknya para remaja putri untuk berkerudung selain memang ajaran wajib islam terdapat pula motif – motif lainnya. Berbagai pendapat muncul dari para mahasiswa UB khusunya fakultas ilmu budaya.
Sebagain dari mereka awal memakai kerudung memang sudah kewajiban dari sekolah – sekolah untuk mengenakannya, selain itu para orang tua memaksa mereka untuk mengenakan jilbab, ada pula yang mengenakan jilbab karena memang ingin dilihat orang lain sebagai wanita yang muslimah, memang wanita berkerudung dilihat orang sebagai wanita baik – baik mungkin itu alasan yang mendasar, selanjutnya ada juga yang mengatakan mereka berkerudung agar terlihat lebih cantik, dikarenakan jika tidak berkerudung cenderung lebih jelek, yang membuat malu mahasiswi ini. Ada juga mahasiswi yang mengatakan bahwa dia berkerudung karena ingin menutupi wajah yang agak gemuk, sehinggan jika berkerudung lebih terlihat cantik. Ada pula yang beranggapan bahwa kerudung telah menjadi trend saat ini, dengan bekerudung yang akhirnya dapat melaksanakan kewajiban sebagai islam yang dilihat orang lain lebih baik dengan berkerudung, tapi juga masih tampil modis. Mereka juga mengatakan ketika berkerudung mereka tidak ingin menggunakan rok, karena rok menjadi tampak tidak modis dan jelek, sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan jeans meskipun terlihat sangat ketat. Motifnya memang selalu ingin tampil se cantik mungkin. Fashion yang mulai berkembang seperti cara – cara baru dalam menggunakan hijab, dimana hijab di modif sedemikian rupa agar terlihat bagus dan menarik. Namun dari mereka yang bisa dibilang telah lama menggunakan jilbab, jarang mengikuti trend fashion yang memodif cara pemakain jilbab. Mereka hanya sekedar ingin dipandang perempuan yang baik dan terlihat cantik, namun dengan itu mereka lebih mencondongkan pakaian dan acesoris lain ya, seperti selalu menyamakan pakaian maupun kerudung dengan warna tas. Menurut para mahasiswi berkerudung ini tas selalu diutamakan dalam fashion, selain baju dan celana.
Dapat terlihat bahwa mereka berkerudung bukan karena niat tapi terpaksa, dan motif lainnya yang seperti ingin terlihat cantik, dipandang sebagai wanita baik – baik, atau mengikuti trend berkedrung saat ini, sehingga di antara dari mereka terkadang tidak konsisten dengan komitmennya untuk menutup aurat, di sekitar kampus mereka mengenakan jilbab tapi ketika jalan – jalan diluar mereka tidak mengenakan jilbab. setelah itu dari segi pakaian dan celana, mereka cenderung memakai pakaian ketat, yang membentuk tubuh mereka, sehingga pakain tersebut jauh dari pakaian islami. Mereka juga tidak pernah memakai rok yang memang bertujuan menutup benutk tubuh, namun lebih sering ke jeans dimana celana itu sangat jelas menunjukkan lekuk tubuh.
Namun ada juga dari mahasiswa – mahasiswa tersebut yang kesehariannya memang memakai rok dan tentunya berlilbab juga. Niat dia memakai jilbab adalah karena dari kecil sudah di didik untuk mengenakan jilbab, yang akhirnya telah manjadi kebiasaan dia sampai sekarang, dan dapat diketahui dia memakai jilbab tidak karena terpaksa karena memang juga sudah menjadi kesadaran diri. Dalam kesehariannya mahasiswa ini selalu memakai rok, dia mengatakan memakai rok bukan untuk memenuhi memakai pakaian islami, tapi untuk menutupi yang menurut dia pahanya yang besar agar tidak terlihat. Mungkin niat untuk memakai pakaian islami tidak ada, namun dia telah menaati untuk menutup lekuk tubuh, meskipun memang niatnya hanya agar tidak terlihat gemuk di bagian kaki. Perkembangan gaya berpakaian semakin maju dan semakin berubah, memang yang pada awalnya berjilbab wajib dan harus menutup semua anggota tubuh, namun yang pada saat ini, juga menunjukkan postur tubuh dengan pakaian ketat. Perubahan gaya berpakaian dari waktu ke waktu memang menimbulkan banyak respon negatif dan positif.
Bagi sebagian orang yang baru memakai kerudung, beranggapan hanya mengikuti trend atau terlihat cantik seperti yang sudah dibahas diatas. Namun pada dasarnya berkerudung memiliki beberapa manfaat bagi pemakainya seperti mencegah dari penyakit kulit contohnya seperti kanker kulit, mencegah dari cahaya matahari seperti sunburn, dan hingga dapat mencegah penuaan diri, karena kulit terjaga dari terpaan sinar matahari. Dengan begitu niat awal untuk berkerudung harus diubah ke arah yang lebih baik, seperti memang memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim wanita, dan untuk mendapatkan ridho Allah agar cara berpakaiannya pun juga islami tidak mengenakan pakaian ketat, dan agar semua anggota tubuh tertutup dan tidak menunjukkan lekuk tubuh (Ilmi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar